Monday, June 21, 2010

Menjadi 

Guru Taman Kanak-Kanak 

Profesional

Diambil dari : FORUM PAUD



Oleh : Netty Gan

Pendidikan Taman Kanak-Kanak adalah pendidikan yang paling awal dalam kehidupan bersekolah seorang anak. Pendidikan taman kanak-kanak dimulai pada saat anak berumur 4 sampai dengan 6 tahun. Sebagai guru yang pertama sekali dikenal anak-anak tentu seorang guru TK mempunyai peranan yang sangat penting dalam masa tumbuh kembang anak. Kita tentu ingin agar anak-anak murid kita bisa menjadikan kita panutan dan mengingat kita sebagai guru pertamanya ketika dia beranjak besar nanti.

Hal terpenting bagi seorang guru TK agar bisa disebut guru TK yang professional  adalah harus mencintai anak-anak dan pekerjaannya. Karena hanya dengan perasaan sayang pada murid-murid kita, maka mereka akan dekat dengan kita dan menganggap kita sebagai orang tua pengganti di sekolah.
Dalam prakteknya hal yang bisa dilakukan seorang guru TK profesional di sekolah adalah sebagai berikut :

a. Harus sabar dan ramah

   Setiap pagi ucapkan salam pada saat anak-anak sampai di sekolah. Ucapkan dengan tulus dan muka tersenyum ceria. “Selamat Pagi Sayang”. Selalu pergunakan kata-kata positif dan indah, misalnya : sayang, pintar, ganteng, manis cantik dsb. Karena menurut para ahli, kata-kata yang indah dan lembut akan membuat anak merasa diperhatikan, terlindungi dan disayangi.
    
    Seorang guru TK juga harus sabar dalam memberikan bimbingan dan pengajaran pada murid-muridnya.  Kesabaran adalah kunci utama untuk  menjadi guru TK professional karena tanpa kesabaran pasti kita tidak akan berhasil mengajar murid-murid TK dari tidak bisa menjadi bisa.

b. Harus Kreatif

    Anak-anak pada usia 4-6 tahun adalah masa di mana anak-anak itu senang bermain, sehingga biasanya mereka selalu tertarik apabila diberi permainan-permainan. Pada usia ini, mereka juga mudah bosan. Untuk menyikapi hal tersebut di atas, maka sebagai seorang guru TK, kita harus bisa melihat mood anak. Bila anak itu sudah jenuh dengan kegiatan yang kita berikan, maka kita harus bisa mencari kegiatan lain yang dapat mengembalikan konsentrasi dan minat mereka. Sehingga kita sebagai guru harus mempunyai ide-ide kreatif untuk menghalau rasa bosan mereka.

c. Harus Rapi

   Seorang guru TK harus mempunyai sifat  rapi diri dan rapi lingkungan. Rapi diri maksudnya harus tampil rapi, harum dan bersih setiap hari karena seorang guru TK tidak hanya berdiri atau duduk di depan kelas, melainkan harus berinteraksi langsung dengan murid-muridnya. Misalnya dengan memberi pelukan atau belain kepada mereka. Kalau gurunya bajunya tidak diganti tiga hari lalu memeluk murid-muridnya, tentu saja murid akan merasa tidak nyaman.
      Rapi  lingkungan maksudnya menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan yang akan dipakai pada saat memberikan pengajaran. Misalnya dengan menjaga kebersihan ruang kelas yang dipakai sehari-hari, di hias dengan beraneka gambar-gambar yang menarik anak untuk nyaman dan betah berada di ruangan tersebut.

d.      Harus Up to Date
     
    Seorang guru TK profesional tidak boleh ketinggalan zaman, harus terus melihat, belajar dan mengetahui tentang perkembangan dunia anak-anak agar bisa memasukaanya dalam pengajaran sehari-hari. Misalnya : Sekarang ini anak-anak lagi gemar karakter Ben 10 , Ba Ku Gan dan lain-lain. Guru harus tahu alur cerita tokoh kesayangan anak-anak murid itu agar anak-anak senang dan dapat saling bertukar cerita.

e.       Harus Sadar Diri

    Sadar diri berarti sebagai seorang guru kita juga bukan orang yang paling tahu, paling benar dan paling pintar. Kita harus sadar diri bahwa kita adalah orang biasa yang harus banyak belajar dan tidak luput dari kesalahan. Kita harus bisa menerima masukan dan kritikan baik dari pihak kepala sekolah, rekan kerja kita ataupun orang tua murid. Kalau melakukan kesalahan kita harus minta maaf dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan kita lagi.

Seorang guru Profesional adalah sumber pembelajaran bagi murid-muridnya, sehingga dia tidak akan berhenti belajar. Guru Profesional mengajar karena panggilan jiwa, karena ada kepuasan bathin, bukan karena materi. Seorang Guru profesional harus bisa mengajari anak muridnya seluruh pelajaran yang berguna untuk aspek kehidupannya nanti.

Bila kita sudah berhasil menjadi seorang guru yang profesional , maka pasti kita akan diingat oleh murid-murid kita sepanjang waktu. Kita akan dicintai dan disayangi oleh mereka. Satu tujuan kita yaitu kita mengajar dari hati, kita ingin memberikan yang terbaik bagi murid-murid kita.
 
Sehingga apabila suatu saat anak-anak itu dewasa dan mereka ditanya “Siapa guru yang paling anda ingat?” Jawabannya adalah  NAMA ANDA !!



Bekasi, 15 Januari 2010

BIODATA PENULIS
Nama                     :  Netty Gan
T.T.L                      :  Medan, 7 April 1973
Pendidikan              :  Sarjana Hukum UNIKA St.Thomas  
                               Sumatera Utara
                               (Sedang Kuliah di STKIP Bekasi)
Pengalaman            :  Guru TK Sutomo 1 (1991-1995)
                   Kepala Tata usaha TK Sutomo 
                   1 (1997-2000)
                   Pendiri PG-TK Bina Mandiri Bekasi

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home